Jumat, 29 Agustus 2014

Kontrak Kuliah Perencanaan Wilayah Semester Genap 2013 - 2014

Mata kuliah ini membahas prinsip, teori, metode dan aplikasi perencanaan pengembangan wilayah, hususnya dalam konteks pembangunan di negara sedang berkembang dan Indonesia.


Perencanaan wilayah sendiri sering disebut sebagai “the where of economic development”; sebuah indikasi adanya dimensi keruangan dalam pengembangan ekonomi. Namun, perencanaan pengembangan wilayah dalam konteks kekinian tidak hanya berkaitan dengan pengembangan ekonomi dalam ruang, melainkan mencakup dimensi yang lebih luas. 

Adanya pergeseran tersebut juga membawa perubahan tentang bagaimana memahami permasalahan wilayah. Permasalahan wilayah tidak bisa dilihat lagi dengan sudut pandang tunggal, karena faktor-faktor internal semata, tetapi harus dilihat dalam perspektif yang luas, bahkan global. Pergeseran ini tentu saja akan berpengaruh kepada cara analisis wilayah.

Tema-tema tersebut akan dibahas dalam mata kuliah ini, dengan sebanyak mungkin menggunakan kasus-kasus yang terjadi di Indonesia. Dengan mengambil contoh kasus di Indonesia, pemahaman terhadap masalah Indonesia akan menjadi bekal yang baik untuk memenuhi kompetensi pembelajaran mata kuliah ini.

Dalam kerangka seperti itulah proses pembelajaran mata kuliah Perencanaan Wilayah dilakukan melalui kombinasi dari beberapa metode pembelajaran dengan mengambil contoh pada lingkungan keindonesiaan sehingga selain pemahaman secara kognitif bisa tercapai, terdapat penguasaan yang lebih baik lagi terhadap aspek-aspek lokal. Aspek lokal inilah yang nanti akan dihadapi oleh mahasiswa ketika mereka sudah menyelesaikan pendidikannya. 

0 Comments:

Posting Komentar